Jakarta
+62 852 8969 0885
admin@zaidprd.com

Indonesia Dijajah Karena Hasil Rempah-Rempah yang Melimpah

Bismillahirrahmanirrahim

Indonesia Dijajah Karena Hasil Rempah-Rempah yang Melimpah

Dijajah Karena Hasil Rempah-Rempah

Bukan hal baru lagi jika Indonesia dijajah karena hasil rempah-rempah yang melimpah. Pasalnya memang sejak dahulu kala rempah-rempah yang ada di tanah air sangat besar jumlahnya. Bahkan sektor rempah-rempah ini menjadi faktor utama munculnya pedagang asing di tanah air. Hingga akhirnya penjajah semakin berambisi menguasai alur perdagangan rempah-rempah dalam negeri.

Rempah-rempah

Rempah-rempah sendiri mempunyai khasiat yang tinggi dalam berbagai macam hal. Namun, dari fungsinya yang beragam rempah khas Indonesia dikenal bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Perburuan rempah-rempah di Indonesia sebenarnya sudah berlangsung dari abad ke-15 silam. Diawali dari bangsa Eropa yang berlomba-lomba dalam mencari daerah penghasil rempah terbaik di Indonesia.

Obat Segala Penyakit “Rempah-rempah termahal di dunia”

Persaingan ini semakin terasa setelah empat negara raksasa seperti Spanyol, Portugis, Belanda dan Inggris berhasil menemukan daerah penghasilnya di tanah air. Inilah yang menyebabkan Indonesia dijajah karena hasil rempah-rempah yang melimpah tatkala itu. Lantas jenis rempah-rempah apa saja yang menjadi buruan para penjajah dan bagaimana dengan khasiatnya? Berikut ulasannya.

Rempah Jahe Khas Indonesia

Satu dari lima rempah yang berasal dari Indonesia dan menjadi rebutan oleh bangsa Eropa ialah jahe. Rempah yang satu ini hingga sekarang masih menjadi komiditi Indonesia yang mendunia. Di dalam negeri, jahe banyak dibudidayakan untuk berbagai macam keperluan. Perjalanan rempah jahe hingga mendunia bukan tanpa sebab. Selain itu, jahe memiliki ukuran dan jenis bervariasi.

Indonesia dijajah karena hasil rempah-rempah yang melimpah memang benar adanya. Salah satunya ialah jahe, rempah ini sangat mudah Anda temukan di dapur rumah. Mengapa rempah khas Indonesia diburu oleh bangsa Eropa? Alasannya rupanya karena harganya yang tinggi. Selain itu, manfaat dari jahe juga sangat besar.

Jahe dikenal dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Bagaimana dengan kandungannya? Jahe memiliki kandungan minyak atsiri, gingerol, proteolitik dan vitamin. Sejak lama rempah ini digunakan sebagai campuran makanan dan obat-obatan. Rempah tersebut juga diyakini efektif melindungi tubuh dari adanya penyakit kanker yang terkenal mematikan.

Alasan Indonesia dijajah karena hasil rempah-rempah yang melimpah, bahkan menjadi awal dari menjamurnya produksi jahe dalam negeri. Jahe semakin banyak ditanam lantaran mengandung senyawa fenolik dan oleorosin. Kandungan ini efektif melawan radikal bebas di dalam tubuh. Bahkan kandungan antibakterinya dipercaya dapat membunuh penyebaran penyakit tertentu.

Rempah Pala Asal Indonesia

Nama pala sudah tidak asing di Indonesia. Ya, rempah-rempah yang satu ini juga tidak kalah dengan jenis lainnya. Bahkan dari sejarahnya, pala menjadi salah satu sektor yang diburu saat masa penjajahan. Mengapa rempah tersebut masuk ke dalam daftar rempah yang paling banyak diburu oleh bangsa Eropa saat masa penjajahan silam?

Indonesia dijajah karena hasil rempah-rempah yang melimpah di sektor pala. Namanya sangat populer hingga saat ini. Pala dikenal dengan bentuknya yang bulat dan ukuran serba kecil. Bahkan dari tumbuhan pala tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat. Kulit dan daun tumbuhan pala juga memiliki fungsi besar terutama dalam bidang kesehatan.

Alasan pala menjadi buruan ialah khasiatnya yang luar biasa. Pala menjadi rempah-rempah yang mampu meningkatkan kesehatan otak. Di sisi lainnya rempah ini juga disebut berkhasiat dalam mengatasi masalah percernaan. Beberapa keunggulan pala diantaranya menjaga kesehatan mulut, mengatasi insomnia, membantu detoksifikasi sampai mengendalikan tekanan darah.

Selain rempah-rempah di atas, ketiga rempah yang masuk ke dalam daftar buruan bangsa Eropa ialah cengkeh, kayu manis dan lada. Keunikan dari setiap rempah-rempah tersebut membuat bangsa Eropa berambisi menguasai pasar perdagangan di Indonesia sampai ratusan tahun lamanya. Maka tidak heran, jika Indonesia dijajah karena hasil rempah-rempah yang melimpah.

 

google.com, pub-7938664692257223, DIRECT, f08c47fec0942fa0