Jakarta
+62 852 8969 0885
admin@zaidprd.com

SOLUSI AGAR DIMUDAHKAN MELUNASI HUTANG

Bismillahirrahmanirrahim

SOLUSI AGAR DIMUDAHKAN MELUNASI HUTANG

Pengertian Hutang

Setiap kita pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah Hutang. Hutang di indonesia dikategorikan dalam berbagai hal, misalnya Hutang Materi dan Hutang Jasa. Kita akan membahas Hutang Materi dan tidak membahas Hutang Jasa. Hutang dalam pengertian menurut pandangan penulis adalah, Untuk memenuhi suatu kebutuhan, namun karena kita tidak mampu memiliki kebutuhan tersebut sehingga kita meminta bantuan kepada orang lain dengan syarat harus menggantinya sesuai dengan kesepakatan. Melunasi hutang adalah kewjiban.

Hampir semua manusia pernah melakukan Hutang, dan tidak heran jika di zaman sekarang Hutang ini banyak sekali yang menawarkan Hutang dengan syarat ada bunga atau imbalan lebih dari yang dipinjamkan. Tentu kita semua berharap tidak memiliki hutang, namun karena kondisi ekonomi yang dinamis dan kebutuhan sekunder yang meningkat sehingga kita lebih mudah berhutang.

Dalam Islam Hutang diperbolehkan sebagai salah satu bentuk bantuan kepada yang membutuhkan, dengan syarat orang yang berhutang harus yakin dan mampu untuk mengembalikan hutang tersebut. Hutang juga harus segera dilunasi karena Hutang ini sangat berdampak kepada akhirat kita nantinya. Sebagaimana Sabda Rasulullah ; “akan diampuni orang yang mati syahid semua dosanya , kecuali Hutang” {HR. Muslim}. Bisa kita bayangkan bahkan orang yang mati syahidpun bisa tertahan masuk surga gara gara Hutang, untuk kita selalu berharap agar semua hutang kita Allah bantu untuk melunasinya.

Melunasi Hutang

Kenapa Hutang memiliki dampak  buruk buat kita ???, karena Hutang dapat menambah keburukan yang lain seperti, Riba, dan Bohong. Di zaman sekarang ini sangat marak sekali instansi yang memberikan hutang kepada orang lain baik di kaya atau miskin dengan syarat iming iming bunga yang kecil sekian persen. Semoga kita terhindar dari maslah ini aamiin.

Mau Cerdas???

Bagi yang sudah terlanjur memiliki hutang dan ada niat untuk melunasinya namun keadaan Ekonomi yang tidak memungkinkan untuk bisa melunasi hutang tersebut, maka dalam islam ada solusinya, Solusinya adalah;

  1. Ingat Allah = Orang muslim seharusnya selalu menomorsatukan Allah dalam segala urusannya.
  2. Terus berusaha untuk mencari solusinya (ikhtiar)
  3. Ada doa Khusus yang diajarkan oleh nabi kepada kita agar diberi kemudahan dalam melunasi hutang, berikut Doa nya dan segera diamalkan;

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

(Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalanMu sehingga tidak memerlukan keharamanMu, dan jadikanlah aku kaya sehingga tidak butuh kepada selain-Mu.) (HR. At-Tirmidzi no 3563 dihasankan oleh Syaikh Al-Albani.)

Hadist Lannya;

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Mari setiap selesai sholat kita mengamalkan doa ini serta di waktu-waktu mustajab doa kita merendahkan diri kita dihadapan sang pencipta dan berdoa dengan niat tulus dan iklas, insya allah akan diberi solusi dan kemudahan dalam hal Hutang ini. Sebagaimana sabda Rasulullah;

“Jika seorang muslim memiliki utang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat ingin melunasi utang tersebut, maka Allah akan memudahkan baginya untuk melunasi utang tersebut di dunia”. (HR. Ibnu Majah, no. 2408; An-Nasa’i, no. 4690. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Semoga Bermanfaat.

Sumber; Kumpulan Doa dalam AL-Qur’an & Al-Hadist karya Syaikh Sa’id Bin Wahf Al-Qahthani

 

 

google.com, pub-7938664692257223, DIRECT, f08c47fec0942fa0